Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kesulitankesulitan muridmurid dalam mengkontruksi kalimat-kalimat bahasa Inggris khususnya kalimat deklaratif (afirmatif dan negatif ) untuk mengungkapkan aktifitas sehari-hari dengan memfokuskan pada kesesuaian subjek dan predikat. Populasi dalam penelitian ini adalah muridmurid kelas dua SMAN 2 Wera sejumlah 140 murid. Akan tetapi, peneliti hanya mengambil 1 kelas (kelas XI IPA 1) sebagai perwakilan dari seluruh populasi yaitu bsejumlah 36 murid. Data dikumpulkan dengan menggabungkan jawabanjawaban beberapa tes seperti pilihan ganda, menulis, kuisioner, dan kalimat rumpang. Peneliti menemukan bahwa muridmurid tidak mengerti bagaimana cara mengkontruksi kalimat deklaratif negatif dibandingkan dengan kalimat deklaratif positif. Data menunjukkan bahwa ada 83,33 % muridmurid yang mempunyai nilai yang berada dikatagori paling bawah. Hal ini berarti bahwa kemampuan murudmurid adalah sangat rendah. Ada tiga faktor yang mengkontribusi kesulitankesulitan murid didalam mengkontruksi kalimat bahasa Inggris antara lain Interference, Intralingual, and developmental errors.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022