Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan
Vol. 5 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan

RESEPSI MASYARAKAT TENTANG ISI SIARAN BIMA TV (Studi Kasus pada Masyarakat BTN Penato’i Kelurahan Penato’i Kecamatan Mpunda Kota Bima)

Rahmi (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul “Resepsi Masyarakat Tentang Isi Siaran Bima Tv (Studi Pada Masyarakat Btn Penato’i Kelurahan Penato’I kecamatan Mpunda Kota Bima)“. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana resepsi atau penerimaan masyarakat tentang isi siaran Bima TV dengan menggunakan teori resepsi atau reception theory yang dikemukakan Stuart Hall. Ada tiga konsep utama yang dikemukakan yakni pertama dominan khalayak atau hegemonic position artinya media sebagai encoder menggunakan simbol-simbol yang bisa diterima khalayak umum.Kedua negotiation position atau posisi negosiasi artinya tidak ada dominasi encoder melainkan penafsiran dilakukan secara terus menerus antara encoder dan decoder. Ketiga oposit atau berlawanan artinya decoder menolak pemaknaan atau tafsiran dari media atau encoder. Menggunakan metodelogi kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu peneliti memilih informan menurut kriteria tertentu yang telah ditetapkan.Teknik analisa data dengan cara mereduksi data, model data serta penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat menonton dan menikmati isi siaran Bima TV artinya khalayak dominan. Namun ada juga yang mengganggap monoton dan membosankan artinya sebagai oposit khalayak. Khalayak nominan menilai isi siaran yang berkaitan dengan budaya lokal dianggap lebih menarik dibandingkan dengan isi siaran hiburan yang cenderung meniru budaya barat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi Organisasi Komunikasi Massa Komunikasi Pembangunan Jurnalistik Hubungan Masyarakat Periklanan Manajemen Komunikasi dan Media Kajian Budaya Komunikasi Pariwisata Psikologi Komunikasi dan Komunikasi ...