Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan
Vol. 10 No. 1 (2023): Mei: Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan

ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI APLIKASI WHATSAPP GROUP ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BIMA

Fikhratul, Fikhratul (Unknown)
Rahmi (Unknown)
Ariani Rosadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis komunikasi interpersonal melalui aplikasi Whatsapp Group antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Bima dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori efektivitas komunikasi interpersonal yang dikemukakan oleh Devito (1997). Komunikasi interpersonal dinilai berdasarkan 5 dimensi umum yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan efektif bila hanya melalui media Whatsapp Group tanpa menggunakan metode penyampaian materi secara langsung. Hal ini dibuktikan dengan siswa dan guru yang masih mengalami banyak kendala pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berbagai kendala yang dialami pada saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui media Whatsapp Group yaitu tingkat keterbukaan yang kecil dari siswa, empati yang sulit untuk ditunjukkan baik oleh siswa maupun guru, sikap dukungan yang terbangun tidak sekuat pada saat pembelajaran dilakukan dengan pertemuan langsung di kelas, sikap yang ditunjukkan sebagian besar siswa berlaku sebaliknya dengan apa yang diharapkan oleh guru, serta perbedaan kesetaraan makna materi pembelajaran bagi siswa dan guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi Organisasi Komunikasi Massa Komunikasi Pembangunan Jurnalistik Hubungan Masyarakat Periklanan Manajemen Komunikasi dan Media Kajian Budaya Komunikasi Pariwisata Psikologi Komunikasi dan Komunikasi ...