Penulisan ini menguraikan tentang metode perancangan dan pembuatan aplikasi pembelajaran budaya nusantara untuk anak usia sekolah dasar dengan memanfaatkan perkembanganteknologi yaitu melalui smartphoneberbasis android. Pembuatan aplikasi pembelajaran budaya ini dengan menggunakan software berbasis Java dan XML. Pengembangan aplikasiini menggunakan model waterfall.Aplikasi ini menampilkan informasi tentang budaya nusantara yang akan dibagi ke dalam 7 kategori, yaitu :pakaian adat, rumah adat, tarian tradisional, senjata tradisional, alat musik daerah, lambang daerah, dan lagu daerah.Dimana masing-masing kategori diberikan1 contoh dari setiap provinsi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal, yangberisi pertanyaan seputar kebudayaan yang sudah dijelaskan pada materi dalam aplikasi tersebut. Dan pada aplikasi ini juga memberikan gambar peta dari pulau-pulau di Indonesia. Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengansangat baik pada perangkat berbasis android.
Copyrights © 2019