UPTD Penyedia Air Bersih Kuantan Singingi merupakan Unit Pelayanan Teknis Daerah yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum, serta memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan pemanfaatan di bidang air minum. UPTD PAB Kuantan Singingi selama ini dalam melayani pelanggan yaitu pelanggan harus datang lansung ke kantor UPTD PAB Kuantan Singingi untuk mendapatkan informasi mengenai pemasangan baru dan juga untuk pengaduan terjadinya masalah aliran air terhadap pelanggan masih menggunakan telpon langsung kepada petugas ataupun dengan melaporkan lansung ke kantor UPTD PAB Kuantan Singingi sehingga dengan cara seperti ini sering terjadi kelalaian dalam penanganannya. Pihak kantor UPTD PAB Kuantan Singingi dalam penyampaian informasi seperti adanya perbaikan/pengurangan stok air kepada pelanggan masih menggunakan pengumuman tertulis sehingga tidak efektif dalam penyampaiannya kepada pelanggan yang ada. Untuk data pelanggan pada UPTD PAB Kuantan Singingi belum terkoodinir dengan baik dikarenakan laporan data pelanggan masih mengunakan sistem pendataan manual dengan memanfaatkan aplikasi yang disediakan komputer seperti microsoft word dan excel. Dengan sistem yang terkomputerisasi akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi pemasangan baru pelanggan air bersih tanpa harus datang langsung ke kantor UPTD PAB Kuantan Singingi. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi pelanggan tidak perlu lagi datang secara langsung ke UPTD PAB Kuantan Singingi hanya untuk melakukan pengaduan permasalahan yang ada pada setiap pelanggan, cukup hanya mengisi form pengaduan yang ada pada website. UPTD PAB Kuantan Singingi untuk menyampaikan informasi resmi cukup menginformasikan lewat website sehingga setiap pelanggan bisa mengetahui informasi yang dikeluarkan oleh UPTD PAB Kuantan Singingi. Dengan sistem terkomputerisasi ini maka laporan yang dihasilkan akan lebih efektif dikarenakan pendataan dilakukan pada website tersebut.
Copyrights © 2021