Artikel ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Pendampingan Terhadap Guru dalam Meningkatkan Kemampuan dalam Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMP Negeri Sape Kabupaten Bima. KKM merupakan pedoman yang penting dalam proses penilaian dan penentuan kelulusan siswa. Namun, seringkali guru menghadapi tantangan dalam menyusun KKM yang relevan, obyektif, dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian merupakan penelitian tindakan (action research) selama 2 (siklus). Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 49 oranh guru. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun KKM. Guru-guru yang mendapatkan pendampingan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang KKM, termasuk tujuan, indikator pencapaian, dan penilaian yang sesuai. Selain itu guru juga dapat mengenali pemsalahan dan kesalahan umum dalam menyusun KKM dan memperbaikinya. Pendampingan dapat memberikan guru kesempatan untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan sesama guru.
Copyrights © 2023