Artikel ini membahas penerapan metode simulasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan fokus pada pokok bahasan informasi dan teks. Metode simulasi digunakan untuk menciptakan situasi yang menyerupai pengalaman nyata, di mana siswa berperan aktif dalam mencari informasi, menganalisis teks, dan mengasah keterampilan berbicara di depan umum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam mengungkapkan efektivitas penerapan metode simulasi dalam dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Informasi dan Teks SMP Negeri 3 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian diketahui bahwa pada pelaksanaan tindakan Siklus I, kriteria ketuntasan klasikal masih di dibawah standar sehingga diperbaiki pada Siklus II. Pelaksanaan tindakan pada Siklus II diketahui bahwa hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru dan siswa rata-rata tergolong tinggi, Data hasil tes diketahui hasil prestasi belajar siswa rata-rata 86, artinya telah melampui kriteria ketuntasan minimal (KKM) klasikal. Disini memberi gambaran bahwa guru memiliki peran penting dalam perencanaan yang matang, memberikan panduan yang jelas, dan memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa. Diharapkan penerapan metode simulasi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam pokok bahasan informasi dan teks.
Copyrights © 2023