Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal PenKomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MATA PELAJARAN IPA TERPADU MATERI POKOK TEORI DASAR KEMAGNETAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 WERA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Suharti Suharti (SMP Negeri 3 Wera Kabupaten Bima)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA terpadu materi pokok teori dasar kemagnetan pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Wera. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilaksanakan selama tiga kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif model tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA Terpadu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...