Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogic guru melalui penerapan model pelatihan berkelanjutan pada guru SMP negeri 3 Wera Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Penelitian tindak sekolah sekolah (school action research) ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahap-tahap: perencanaan, pelaksanaan, evelauasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes, kemudian dilakukan analisis dengan menghitung nilai rata-rata kemampuan guru setelah diberikan pelatihan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pelatihan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan pedagogi guru dalam mengajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran, kemmamapuan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, dan kemampuan menilai kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2023