Central Publisher
Vol 1 No 4 (2023): Jurnal Central

PROGRAM LITERASI DI SDN 18 PANGKALAN PISANG, SDN 001 MUARA LEMBU DAN SDN 018 KUBANG RAYA

Nova Frianty (Universitas Islam Riau)
Novi Astari (Universitas Islam Riau)
Sesmita Oktaria (Universitas Islam Riau)
Febrina Dafit (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Latar Belakang : Program literasi di SDN 18 Pangkalan Pisang, SDN 001 Muara Lembu, dan SDN 018 Kubang Raya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam membaca, menulis, dan memahami teks. Program ini penting karena literasi merupakan dasar penting dalam pembelajaran di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Ketiga sekolah tersebut terletak di daerah pedesaan dan memiliki tingkat literasi yang rendah, sehingga diperlukan upaya konkret untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program literasi di SDN 18 Pangkalan Pisang, SDN 001 Muara Lembu, dan SDN 018 Kubang Raya. Dalam penelitian ini, dilakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga sekolah dasar tersebut telah melaksanakan program literasi yang melibatkan partisipasi aktif guru, siswa, dan orang tua dalam meningkatkan minat membaca siswa, memperluas pemahaman mereka terhadap teks, serta menerapkan pendekatan diferensiasi dalam pengajaran literasi. Metode : Metode Penelitian menggunakan Pemetaan Literasi, Pengembangan Rencana Pembelajaran, Pelaksanaan Program, Penggunaan Sumber Belajar, Evaluasi dan Monitoring. Hasil dan Pembahasan : Setelah implementasi program literasi, terdapat beberapa hasil yang dapat dicapai, antara lain: Peningkatan Kemampuan Membaca: Siswa-siswa di ketiga sekolah mengalami peningkatan kemampuan membaca. Mereka mampu membaca dengan lancar, memahami isi teks, dan mengekspresikan gagasan secara tertulis. Keterlibatan Siswa yang Lebih Aktif: Program literasi mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan membaca dan menulis. Mereka menjadi lebih antusias dalam menjelajahi dunia literasi dan mengeksplorasi berbagai jenis teks. Partisipasi Orang Tua: Program ini juga melibatkan orang tua sebagai mitra dalam meningkatkan literasi siswa. Orang tua diberikan pemahaman tentang pentingnya membaca dan menulis, serta dilibatkan dalam kegiatan literasi di rumah dan sekolah. Peningkatan Minat Membaca: Siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam membaca setelah program ini diimplementasikan. Mereka mulai mengembangkan kebiasaan membaca di luar jam pelajaran dan menemukan kegembiraan dalam mengeksplorasi dunia literasi. Kesimpulan : Berdasarkan hasil kesimpulan dalam meningkatkan minat membaca siswa, memperluas pemahaman mereka terhadap teks, serta menerapkan pendekatan diferensiasi dalam pengajaran literasi. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi program literasi juga diidentifikasi, termasuk keterbatasan waktu dalam kurikulum yang padat dan sumber daya yang terbatas. Rekomendasi yang diusulkan adalah terus meningkatkan dan memperluas program literasi dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta meningkatkan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan literasi yang mendukung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...