EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Meta Analisis Model Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Nadofah Nadofah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Amaliyah Amaliyah (Universitas SUltan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Tatu Hilaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Aspek terpenting yang perlu diperhatikan pendidik yaitu penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan menarik. Keanekaragaman pilihan dalam model pembelajaran, satu diantaranya adalah model Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh model Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia, dan materi serta jenjang Pendidikan apa saja yang paling sering menggunakan Snowball throwing ini sebagai model pembelajaran. Meta-analisis dipilih sebagai jenis penelitian untuk mengkaji 15 artikel ilmiah berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, kemudian dianalisis dengan cara statistika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan rata-rata hasil pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode Snowball Throwing yaitu 71,475% menjadi 84,715% dengan hasil uji Paired sample test diperoleh nilai sig 0.001<0.05 dan hasil analisis effect size diperoleh nilai 3,23>0.8 menunjukkan bahwa penggunaan model Snowball throwing ini berpengaruh besar pada nilai peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang sering menggunakan model pembelajaran ini adalah tematik dengan jenjang pendidikan Sekolah DasarĀ Model ini sangat sesuai digunakan pada jenjang tersebut karena penggunaannya seperti bermain game yang sangat disenangi oleh anak-anak pada usia sekolah dasarĀ 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...