EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Analisis Model Pembelajaran Memirsa di Kelas 1 A SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang

Dewi Lestari (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Arif Wiyat Purnanto (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran memirsa yang diterapkan pada kelas 1A SD IT Muhammadiyah Bandongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi alami. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pencatatan lapangan selama periode penelitian 25 hari dilokasi yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan memirsa mencapai sekitar 40% di kelas 1A SD IT Muhammadiyah Bandongan. Tahapan literasi visual dan memirsa kritis disajikan melalui media visual dan audiovisual. Pada tahap literasi visual, peserta didik berada pada tahap awal dimana mereka dapat memahami dan merespons teks multimodal yang sederhana. Sedangkan pada tahap memirsa kritis, peserta didik memasuki tahap eksplorasi dimana mereka mulai menggunakan berbagai strategi untuk menginterpretasikan isi, tujuan, dan bentuk teks multimodal. Keterampilan memirsa tidak hanya di implementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga dalam beberapa mata pelajaran lain seperti Pendidikan Pancasila, Bahasa Jawa, Matematika, Proyek, dan Al-Islam di kelas 1A SD IT Muhammadiyah Bandongan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...