FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Desember

Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa

Diyah Ayu Ardianti (Unknown)
Septikasari, Resti (Unknown)
Kholidin, Nor (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam pembentukan karakter siswa di kelas IV SDN Taraman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil bahwa strategi yang dilakukan guru kelas IV SD Negeri Taraman dalam pembentukan karakter siswa adalah menjadi teladan dengan memberikan contoh perilaku yang baik, memberikan teguran, kegiatan rutin dan pemberian point ketika berkata kotor. Faktor penghambat meliputi: faktor keluarga, watak anak dan kemajuan teknologi sedangkan Faktor pendukung meliputi peran orang tua dan peran guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...