Penelitian ini bertujuan untuk merancang model kepemimpinan transformasional pengembangan Life skill menuju profil pelajar pancasila di SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Research menggunakan pendekatan metode kualitatif, development, yaitu rancangan model produk dan menguji validasi produk pada Focus Group Discussion dalam R&D level 1. Langkah penelitian pada level 1 diawali tahap pendahuluan berangkat dari potensi/masalah dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi sebagai desain faktual. Pada tahap pengembangan peneliti merancang desain produk, kemudian divalidasi oleh pakar ahli dan praktisi pendidikan melalui Focus Group Discussion, selanjutnya berdasarkan penilaian dan saran tersebut desain produk diperbaiki oleh peneliti menjadi desain produk teruji secara internal dan tidak di uji lapangan. Hasil validasi dan penilaian rancangan model kepemimpinan transformasional pengembangan Life skill menuju profil pelajar pancasila di SD, oleh dua pakar ahli pendidikan pada Focus Grup Discussion dengan total perolehan nilai sejumlah 40 skor persentase 83,33% yang diinterpretasikan dalam deskriptif kualitataif “sangat layak”, sedangkan hasil validasi dan penilaian oleh lima praktisi pendidikan diperoleh jumlah perolehan skor 101 dengan nilai persentase sebesar 84,16% yang diinterpretasikan “sangat layak”. Maka pakar ahli 1 dan pakar ahli 2 menyetujui rancangan model kepemimpinan transformasional pengembangan Life skill menuju profil pelajar pancasila di SD “sangat layak” untuk menjadi model teruji. Kepala Sekolah sebaiknya mengimplementasikan model kepemimpinan transfomasional pengembangan Life skill agar terselenggaranya prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabel di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023