Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tingginya tingkat kecemasan siswa dalam belajar matematika dan kurangnya keyakinan siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MA Labuhanhaji Timur. Hal tersebut diduga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)Apakah terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika? 2)Apakah terdapat pengaruh signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika? 3)Apakah terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika dan self efficacy secara simultan terhadap hasil belajar matematika? Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Labuhan Haji Timur yang terdiri 28 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini berupa Angket kecemasan matematikadan angket self efficacy. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda. terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika. Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y = 39,695-0,042 X1+0,465 X2  dengan nilai koefisien korelasinya 0,805 yang menunjukkan hubungan yang kuat dan koefisien determinan sebesar 62,25%. Uji kebermaknaan regresi berganda diperoleh F hitung = 51,567 > F tabel = 3,37. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kecemasan matematika dan self efficacy secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa kecemasan matematika dan kemampuan diri berpengaruh terhadap hasil belajar. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023