Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika menggunakan pembelajaran berbasis Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes nilai Ujian Akhir Semester Satu yaitu 1 siswa dengan Klasifikasi tingkat kemampuan tinggi, 1 siswa dengan tingkat kemmpuan sedang, dan 1 siswa dengan tingkat kemmpuan rendah kelas X MIPA SMA Negeri 2 Pemalang. Selanjutnya siswa dikenai tes kecerdasan berpikir kritis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes berpikir kritis dan hasil wawancara diperoleh : 1) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis Tinggi, dari hasil analisis data menggunakan triangulasi metode yang sudah dibahas peneliti, bahwa subjek dengan kemampuan tingkat tinggi hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok mulai dari indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus hingga indikator ke-6 dengan kriteria berfikir Overview. 2) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis sedang hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok mulai dari indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus hingga indikator ke-4 dengan kriteria berfikir Situation. Sedangkan untuk indikator ke 5 dan indikator ke-6 hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti tidak sesuai atau tidak cocok. 3) Siswa dengan kecerdasan berpikir kritis rendah bahwa subjek dengan kemampuan tingkat Rendah, hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti sesuai dan cocok pada indikator ke-1 dengan kriteria berfikir Focus, indikator ke-2 dengan kriteria berfikir Reason dan indikator ke-6 dengan kriteria berfikir Overview. Sedangkan untuk indikator ke-3, indikator ke-4 dan indikator ke-5 hasil antara observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti tidak sesuai atau tidak cocok.
Copyrights © 2023