Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban
Vol 11 No 01 (2023): Article

MANAJEMEN AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH

Nur Komariah (Dosen Universitas Islam Indragiri)
Mirnawati Mirnawati (Universitas Islam Indragiri)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Permasalahan yang paling mendasar pada satuan pendidikan ialah bagaimana peningkatan sebuah mutu dalam satuan pendidikan serta kendala dan juga hambatan yang dihadapi tersebut. Hal ini menjadi suatu keharusan dalam satuan pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban satuan pendidikan itu sendiri dalam hal layanan mutu pendidikan kepada masyarakat. Maka, salah satu upaya pemerintah dan satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu adanya upaya atau langkah yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Metode penelitian pada jurnal ini menggunakan metode literatur review atau tulisan yang bersifat pustaka. Pengumpulan data dalam tulisan ini diawali dengan mengumpulkan berbagai literatur yang mendukung dan sesuai baik dalam bentuk teks tertulis maupun soft copy, misalnya buku teks, artikel ilmiah, ebook dan lain sebagainya. hasil penelitian ini adalah akreditasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan harus memperhatikan manajemen akreditasi sekolah/madrasah. Faktor yang menjadi penghambat dalam akreditasi dan solusinya serta beberapa prosedur dalam pelaksanaan akreditasi dan manfaat akreditasi itu sendiri bagi sekolah/madrasah. Kata Kunci : Manajemen, Akreditasi, Sekolah/Madrasah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-afkar

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban merupakan jurnal keislaman dan peradaban dengan kajian multidisipliner, terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober), dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fak. Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri Tembilahan. Redaksi menerima ...