Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
Vol 7 No 3 (2023): JISAMAR (Agustus 2023)

STRATEGI PROMOSI DENGAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING KMEANS

Muhamad Arya Fadila (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Apriade Voutama (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Dalam konteks promosi, penggunaan KMeans untuk mengelompokkan pelanggan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan. Objek penelitian ini adalah salah satu UMKM yakni Toko yang menjual produk FMCG. Data ini akan digunakan untuk melakukan clustering menggunakan algoritma KMeans, dan kemudian strategi promosi yang disesuaikan akan dirumuskan berdasarkan hasil pengelompokan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi promosi dengan menggunakan pengelompokan pelanggan menggunakan algoritma KMeans. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelompokan pelanggan menggunakan KMeans dapat menghasilkan k kelompok pelanggan yang memiliki karakteristik dan preferensi serupa. Temuan ini memberikan panduan berharga bagi perusahaan dalam merancang strategi promosi yang lebih tepat sasaran dan efisien, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan potensi penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jisamar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem ...