Kemampuan menulis teks prosedur dapat menambah wawasan dan kreativitas siswa sehingga diajarkan di tingkat SMA, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 460 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling, yaitu sampel acak sebanyak 15% dari jumlah populasi sebanyak 63 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks prosedur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,769. Hasil penelitian ini secara khusus dari setiap aspek diketahui bahwa dari aspek isi termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 23,8, pada aspek struktur termasuk dalam kemampuan sangat baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 17, pada aspek diksi termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 13,6, pada aspek penggunaan bahasa termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 14,4, pada aspek mekanik termasuk dalam kemampuan cukup dengan memperoleh rata-rata 6,9.
Copyrights © 2023