LUGAS Jurnal Komunikasi
Vol. 7 No. 1: JUNI 2023

Efektivitas Komunikasi Organisasi dalam Mencapai Keterbukaan Informasi (Studi Kasus Komunikasi Organisasi di PT. Lipwih Synergylab Estetika)

Andamisari, Dessy (Unknown)
Razali, Geofakta (Unknown)
Kurniasih, Eka Risky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

PT Lipwih Synergylab Estetika memberikan wadah bagi para karyawannya untuk memberikan pendapat serta apa yang ingin disampaikan mengenai pekerjaannya melalui komunikasi langsung secara dua arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi, mengetahui hambatan-hambatan serta memberikan solusi dari hambatan-hambatan komunikasi organisasi. Berdasarkan efektivitas komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi di PT Lipwih Synergylab Estetika pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu bagaimana efektivitas komunikasi, hambatan- hambatan serta solusi dari hambatan-hambatan komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi. Penelitian ini menggunakan konsep dari Effendy (2011:122) yaitu komunikasi internal upward communication, downward communication dan horizontal communication. Metode yang diambil dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi organisasi yang diterapkan di PT Lipwih Synergylab Estetika terutama pada internal perusahaan yaitu komunikasi secara terbuka dan secara dua arah dalam mencapai keterbukaan informasi serta keefektivitasannya dalam berkomunikasi antara atasan dengan bawahan begitupun sebaliknya.Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Efektivitas, Keterbukaan informasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lugas

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LUGAS Jurnal Komunikasi is focused on publishing the original research articles, review and case studies from academicians and researches. The main issues related to communication and media, which includes Mass Communication, Marketing Communication, Public Relation Strategy, Media Relation ...