Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen
Vol. 1 No. 3 (2023): September : SAMMAJIVA : Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen

PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI KONSUMEN DALAM PLATFORM E COMMERCE

Tia Deja Pohan (Unknown)
Muhammad Irwan Padli Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Perkembangan perusahaan digital yang sangat mengandalkan data pribadi telah didorong oleh kemajuan teknologi informasi. E-commerce adalah salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan pesat dalam hal ini. Konsumen harus memberikan data pribadi mereka untuk bertransaksi di platform e-commerce. Namun, meningkatnya interaksi dan transaksi di industri e-commerce Indonesia telah menimbulkan kekhawatiran serius terkait perlindungan informasi pribadi konsumen. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perlindungan data pribadi konsumen dalam mekanisme perdagangan saat ini di platform e-commerce dan untuk mempertimbangkan langkah-langkah perlindungan di masa depan. Metode analisis data kualitatif digunakan, yang melibatkan pemeriksaan semua data yang diperoleh sebagai kesatuan utuh untuk memperoleh gambaran dan wawasan tentang isu-isu yang diteliti. Di masa depan, pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dapat meningkatkan perlindungan data pribadi konsumen dalam mekanisme perdagangan di platform e-commerce dengan menyediakan perlindungan hukum yang komprehensif dan ketat setelah disahkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SAMMAJIVA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan ...