Nizhamiyah
Vol 13, No 1 (2023): NIZHAMIYAH

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ummy Azizah Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Masringgit Marwiyah Nst (Poltek Ami Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah.”Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1)  Hasil belajar siswa di kelas kontrol tanpa menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah 2) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. 3) Pengaruh yang signifikan dengan penggunaan strategi pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami. Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) pada mata pelajaran IPA di kelas IV di MIS Bidayatul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas  yang  berjumlah 62 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validasi oleh tim ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Berdasarkan dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) hasil belajar IPA pada kelas kontrol (IV-C) tanpa menggunakan strategi  diperoleh rata-rata post test 74,19. 2) hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (IV-B) dengan menggunakan strategi pembelajaran TANDUR  diperoleh rata-rata post test 84,84. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,680 > 2,000 (n=31) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan.Kata Kunci : Pembelajaran, Strategi TANDUR, Hasil Belajar  Siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nizhamiyah

Publisher

Subject

Education

Description

1. Profesionalisme guru dalam Pendidikan Dasar Islam 2. Pengembangan dan Desain Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 3. Penerapan dan Pengembangan bidang studi atau mater Pelajaran Pendidikan Dasar Islam 4. Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 5. Manajemen ...