Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor penyebab, dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam menghafal dan mengingat materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat intelegensi siswa, kurangnya minat belajar dari siswa, kurangnya motivasi, dan sikap malas pada siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor orang tua/keluarga, guru, dan lingkungan (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS meliputi strategi pembelajaran secara langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif.
Copyrights © 2023