Jurnal Sains Sosio Humaniora
Vol. 6 No. 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, Desember 2022

Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dimasa Pandemi Covid–19 dalam Rangka Mewujudkan Good Governance di Kota Jambi

Hapsa Hapsa (Dosen Program Studi Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Jambi)
Alva Beriansyah (Dosen Program Studi Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan inovasi pelayanan publik pada DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Kebijakan inovasi pelayanan administrasikependudukan pada aspek pelayanan publik, inovasi pelayanan, dokumen kependudukandan output pelayanan bagi masyarakat. Era digitalisasi telah dilakukan penyesuaian dalampenyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dengan kebutuhan era serba teknologisebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online ( dalamjaringan) program ini diperkuat dengan mewabahnya covid-19 yang membatasi mobilitasmasyarakat. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperolehsetelah pengambilan data primer dan data sekunder secara sistematis dari informanmelalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode studi kasus dananalisis data kualitatif induktif untuk menarik kesimpulan yang kredibel Penerapankebijakan inovasi pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambikhususnya di mas Pandemi covid-19 menunjukkan sudah melakukan beberapa Inovasipelayanan dalam tiga aspek yaitu inovasi layanan, system pelayanan dan proses pelayananpublik, akan tetapi kualitas pelayanan belum sepenuhnya menujukan pelayanan primayang merupakan bagian dari good governance seutuhnya baik pada percepatan prosesdokumen kependudukan , pelayanan yang efisien dan efektif, perlakuan birokrasi dalammewujudkan kinerja pemerintahan yang profesional, produktif, inovatif danakuntabel,terlihat bahwa dinas masih berada pada tahapan transisi dan penyesuain dalamterwujud layanan kepada masyarakat layanan yang mudah, cepat, efektif, dan gratis dalammemperoleh dokumen kependudukan untuk keperluan administrasi lainnya dalammewujudkan tata pemerintahan yang baik, terlihat dari inovasi yang sudah dilakukanberupa penataan dan penempatan SDM, keterlibatan dan kolaborasi bersama pihak ketiga(swasta) Lippo Mall dalam penempatan mesin ADM, pelayanan melalui WhatsAp, danaplikasi SiPaduko.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSSH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Sains Sosio Humaniora (JJSH) |E-ISSN: 2580-2305|P-ISSN: 2580-1244|is an open-access published by Research institutions and community service (LPPM), Universitas Jambi, Indonesia. receives research-based and conceptual articles in the fields of humanities and social science which have not been ...