Toko Kuliner Lemakraso adalah sebuah usaha kuliner berbasis makanan dan olahan beku (frozen food) di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Saat ini, toko menghadapi beberapa permasalahan yang perlu diatasi untuk meningkatkan efisiensi dan hasil promosi yang optimal. Salah satu masalah utama adalah proses pemasaran yang masih dilakukan secara manual, mengakibatkan rendahnya hasil promosi. Selain itu, rekapitulasi data transaksi dan data pelanggan juga dilakukan secara manual, menyebabkan ketidakakuratan dan kesulitan dalam mengelola data tersebut. Selain itu, belum ada strategi khusus yang diimplementasikan untuk meningkatkan omset penjualan. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada sistem informasi penjualan di Toko Kuliner Lemakraso menjadi solusi yang efektif. CRM akan memungkinkan toko untuk melakukan promosi produk secara online dan real-time, serta menyimpan keseluruhan data terintegrasi dalam database. Hal ini akan mempermudah pengelolaan dan akses data pelanggan, transaksi, dan promosi. Dalam upaya meningkatkan omset penjualan, strategi Up-selling dan Cross-selling juga akan diterapkan melalui sistem informasi penjualan berbasis website. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall, yang terbukti efektif dalam mengatasi masalah sejenis. Dengan implementasi CRM dan strategi Up-selling serta Cross-selling, diharapkan toko dapat meningkatkan efisiensi operasional, akurasi data, dan omset penjualan secara signifikan.
Copyrights © 2023