JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Strategi Pembelajaran Peningkatan Keterampilan Berfikir (SPPKB)

Arlina Arlina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fiza Raudhoh (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anisa Hayati Rahman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Adam Baihaqi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Uswatun Hassanah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Strategi pembelajaran peningkatan keterampilan berfikir atau yang disingkat dengan SPPKB, adalah sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada peningkatan atau penguatan keterampilan berfikir siswa. SPPKB ini pada dasarnya, hanya mencoba untuk merekam sesuatu yang sudah pernah dialami dan pada suatu ketika itu akan dikeluarkan lagi dalam hal setoran, yang akan diterbitkan kembali berdasarkan permintaan. Perlunya mendengar, membaca dan melihat untuk memahami koneksi antara berbagai aspek memori. Kemampuan berpikir manusia menemukan solusi baru untuk masalah yang dihadapi membutuhkan usaha mengetahui informasi yang didengar. Sifat dari SPPKB ini adalah suatu proses belajar yang memfokuskan pada pola pikir siswa secara maksimal. SPPKB tidak hanya menuntut siswa untuk menyimak dan mencatat, akan tetapi menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses berpikir. Semua pembelajaran yang terjadi itu karena impuls mental yang diatur oleh otak. SPPKB bawaan suasana dialogis dan juga proses tanya jawab yang berkesinambungan. SPPKB memiliki dua sisi yang sama penting, yakni sisi proses dan sisi hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...