Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi Warga Sekolah terhadap Praktik Pendidikan Demokrasi melalui Pemilihan Ketua IPM di SMA Muhammadiyah 1 Taman Kabupaten Sidoarjo secara deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen dan wawancara mendalam. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, model data dan Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Warga SMA Muhammadiyah 1 Taman mempersepsikan bahwa Pemilihan Ketua IPM merupakan regenerasi kepemimpinan dan memberikan pengalaman langsung untuk praktek berdemokrasi. Penerapan sistem formatur yang merupakan gabungan dari model pemilihan suara terbanyak dan musyawarah disambut dengan baik dan warga sekolah mempersepsikan bahwa nilai demokrasi yang meliputi kebebasan untuk menyatakan pendapat, kebebasan untuk berpartisipasi, kesetaraan atau egaliterianisme antar warga, rasa saling percaya dan kerja sama telah terlaksana dengan baik pada semua tahapan Pemilihan Ketua IPM.
Copyrights © 2023