Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Sumber-Sumber Dana Pendidikan

Arif Fiandi (Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Junaidi Junaidi (Pascasarjana MPI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Lembaga pendidikan saat ini banyak bermunculan dan dibangun oleh pihak-pihak yang peduli dengan pendidikan. Lembaga pendidikan yang muncul itu bukan hanya dibangun oleh pemerintah, tapi juga dibangun oleh pihak swasta seperti yayasan dan ormas-ormas yang  memiliki perhatian terhadap pendidikan. Namun tidak semua lembaga pendidikan tersebut yang berjalan dan berkembang dengan baik, karena terkendala oleh dana. Banyak lembaga pendidikan yang terseok-seok antara hidup dan mati, kesulitan dalam pembiayaan. Memiliki sumber dana pendidikan sangat penting bagi lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber-sumber dana pendidikan yang bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada banyak sumber dana pendidikan yang bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan, diantaranya adalah: pemerintah pusat, pemerintah daerah, yayasan, orang tua siswa (komite), sumbangan siswa, bantuan dari luar negeri, bantuan alumni, orang tua asuh, dan sumbangan lain yang tidak mengikat seperti zakat, infak, sadaqah dan wakaf. Implikasi penelitian ini adalah dengan adanya sumber-sumber dana pendidikan yang bisa dimanfaatkan tersebut, diharapkan tidak ada lagi lembaga pendidikan yang terseok-seok atau kesulitan dalam menjalankan program pendidikan karena kesulitan dana. Proses pendidikan akan berjalan dengan baik dan tujuan lembaga pendidikan juga akan tercapai dengan maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...