Jurnal Pacu Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2023): Juli 2023

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menghitung Volume Menggunakan Benda Kongkret

Loren Yara Fransisca (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kurniasih Kurniasih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Titi Saryati (SDN 178 Gegerkalong KPAD, Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada peneliatian di dalam kelas di tingkat pendidikan sekolah dasar. Masalah yang diangkat yaitu tentang penerapan model PBL pada mata pelajaran matematika di SDN 178 Gegeralong KPAD Bandung. Tujuan dari penelitian ini Untuk menjelaskan proses penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematikan materi menghitung luas dan volume menggunakan benda konkret pada siswa kelas III dan Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematikan materi menghitung luas dan volume menggunakan benda konkret pada siswa kelas III . Metode pengumpulan data berupa metode wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa khusunya di bidang matematika materi menghitung volume menggunakan benda kongkret.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pacu

Publisher

Subject

Education

Description

The focus and scope of the manuscript covered in educational research related to but not limited to best practices in Elementary Education and Early Childhood Education. Topics include: 1. Learning Innovation for Elementary Education and Early Childhood Education. 2. Elementary Education and Early ...