Manajemen Pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan memulihkannya jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering dihadapi di lembaga sekolah tentunya berkaitan dengan proses pembelajaran dan menjadi hambatan bagi guru dalam kegiatan belajar dan mengajar. Permasalahan Manajemen pengelolaan kelas sangat erat kaitannya dengan permasalahan kedisiplinan siswa. Salah satu sekolah yang mempunyai permasalahan dalam hal kedisiplinan siswa adalah SMP IT Al-Huda Cilamaya Wetan, terutama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti manajemen pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik Observasi Non-Partipasi, wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru mata pelejaran Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa adalah dengan membuat beberapa peraturan yang diterapkan kepada siswa, antara lain membiasakan membaca do’a dan ice breaking materi melalui game, membiasakan menjaga kebersihan di dalam kelas, menerapkan sanksi bagi yang melanggar aturan, dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik. Faktor pendukung manajamen pengelolaan kelas terlatak pada pendekatan yang tepat yang dilakukan oleh guru terhadap murid dan lingkungan sekolah yang baik dan positif. Adapun faktor penghambatnya adalah rendahnya minat belajar siswa, rendahnya dukungan sebagian orang tua siswa, dan sarana prasarana yang kurang mendukung.
Copyrights © 2023