Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pandang guru dalam memahami Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Matematika. Pandangan guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dianalisis menggunakan teori konstruksi menurut Peter Berger dan Thomas Luckman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Pace. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, data yang diperoleh dianalisi bedasarkan pendapat Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pandangan antara guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dalam memandang Profil Pelajar Pancasila. Guru Pendidikan Pancasila memandang Profil Pelajar Pancasila sebagai sarana guru untuk menciptakan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizenship) yang berperilaku berlandaskan pada ideologi bangsa yaitu Pancasila. Sedangkan guru Matematika memandang bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan sarana guru untuk membentuk peserta didik sebagai manusia penghuni alam semesta yang mempunyai kodrat sebagai makhluk sosial dan berakal untuk meningkatkan soft skill agar menjadi sumber daya manusia yang berkompeten. Walaupun pandangan terkait Profil Pelajar Pancasila kedua guru tersebut berbeda, namun kedua nya saling berkaitan satu sama lain. Karena, warga negara yang baik tercipta dari manusia yang mampu mengembangkan soft skill untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, bangsa dan negara.
Copyrights © 2023