JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Konstruksi Guru dalam Memahami Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran di SMA Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk

Binti Umi Nurhidayati (Universitas Negeri Surabaya)
Maya Mustika Kartika Sari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pandang guru dalam memahami Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Matematika. Pandangan guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dianalisis menggunakan teori konstruksi menurut Peter Berger dan Thomas Luckman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Pace. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, data yang diperoleh dianalisi bedasarkan pendapat Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pandangan antara guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dalam memandang Profil Pelajar Pancasila. Guru Pendidikan Pancasila memandang Profil Pelajar Pancasila sebagai sarana guru untuk menciptakan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizenship) yang berperilaku berlandaskan pada ideologi bangsa yaitu Pancasila. Sedangkan guru Matematika memandang bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan sarana guru untuk membentuk peserta didik sebagai manusia penghuni alam semesta yang mempunyai kodrat sebagai makhluk sosial dan berakal untuk meningkatkan soft skill agar menjadi sumber daya manusia yang berkompeten. Walaupun pandangan terkait Profil Pelajar Pancasila kedua guru tersebut berbeda, namun kedua nya saling berkaitan satu sama lain. Karena, warga negara yang baik tercipta dari manusia yang mampu mengembangkan soft skill untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, bangsa dan negara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...