JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Bentuk Pojok Baca terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023

Arifin Siregar (Universitas Negeri Medan)
Lasro Basa Simbolon (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa menggunakan kegiatan literasi dalam bentuk pojok baca kelas V SD Negeri 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian pre-eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa dari kelas V . Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunaka uji paired sample test, dilakukan dengan bantuan program SPSS 29. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata sebelum penelitian diketahui hasil angket literasi yaitu 60,08 dan minat baca yaitu 61,55. Setelah perlakuan rata- rata angket literasi dalam bentuk pojok baca yaitu 77,64 dan minat baca yaitu 79,86. Setelah dilakukan uji Paired samples T-Test menujukkan bahwa nilai thitung variabel literasi = -14,684 dan nilai sig.(2- tailed) = 0,000 . Sedangkan nilai thitung variabel literasi adalah -12,309 dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,001 dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan nilai t hitung pada variabel minat baca adalah -11.140 dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,001 dengan taraf signifikansi ? = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan pula H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh kegiatan literasi dalam bentuk pojok baca terhadap minat baca siswa kelas V SD Negeri 101820 Pancur Batu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...