Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matemtika materi bilangan bulat kelas IV SD N 1 Sidigede. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Sidigede. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh desikripsi kemampuan pemecahan masalah siswa belum dapat mengungkapkan ide secara lisan maupun tulisan. Kemampuan penalaran siswa juga belum berkembang karena fokus pada masalah rutin dengan satu jawaban yang benar atau langkah penyelesaian yang jelas. Kemampuan pemecahan masalah tidak dapat dicapai dengan cepat, melainkan melalui latihan berkelanjutan yang tidak hanya menghafal rumus dan mengerjakan soal rutin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023