Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku menyimpang akibat pengaruh negatif penggunaan gadget pada siswa dan cara mengatasinya lewat komunikasi efektif yang dilakukan antara orangtua siswa dengan guru di MTsS Diniyah Barabai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku menyimpang yang ditemukan di MTsS Diniyah Barabai yaitu: bersikap acuh terhadap orang sekitarnya, berbahasa kasar dan tidak sopan, bebas dalam brgaul antara siswa laki-laki dan perempuan, bolos sekolah karena main game online, membully teman di media sosial dan suka pamer di media sosial (narsis). Sedangkan bentuk komunikasi efektif orangtua dan guru dalam mengatasi pengaruh gadget tersebut yaitu: pertemuan berkala menjelang ujian akhir semester ganjil dan genap dan pemberitahuan pihak sekolah kepada orangtua bagi siswa bermasalah
Copyrights © 2023