Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 4 : Al Qalam (Juli 2023)

Re-Interpertasi Filosofis Post-Modernisme pada Relasi Triadik dalam Filsafat Pendidikan Islam: Tuhan, Manusia dan Alam

Assya'bani, Ridhatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan re-interpertasi filosofis post-modernisme pada relasi triadik dalam pendidikan islam: tuhan, manusia dan alam. kajian terhadap relasi triadik terus dilakukan dalam sistem pendidikan Islam karena Relasi ini tiap hari terus menimbulkan polemik dan tak henti terus untuk dibahas. Diantara polemik tersebut berkenaan dengan krisis spiritual, lingkungan dan bahkan kemanusiaan. Atas dasar inilah meminjam pemaknaan dari Lyotard, post-modernisme mengacu pada kritik terhadap era modern yang menyebabkan krisis multi-dimensional. Melalui metodologi kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif analitik tulisan ini berusaha mengeksplorasi relasi triadik yang ada dalam filsafat pendidikan Islam. Hasil kajian ini membuktikan bahwa eksistensi Tuhan dalam Filsafat Pendidikan Islam menjadi bias karena memahami konsep ketuhanan dengan cara-cara seperti dekonstruksi yaitu mengkritik dan membongkar kembali struktur pemahaman yang telah diyakini sebelumnya yang berdasar pada obyektifitas, universalitas, sistematis, strukturalis, dan totalitas akhirnya kebenaran absolut menjadi nihil. Meskipun demikian, pemahaman ketuhana dalam Islam tidak terlepas dari Tuhan sebagai sebagai creator utama yang ada dalam alam semesta. Sedangkan manusia sebagai subjek dan alam sebagai objek, diantaranya; menjadi seuatu ikhtiar untuk menjaga dan merawat alam, alam dijadikan sebagai sumber pengetahuan, melakukan simbiosis mutualisme agar terjadi re-generasi yang terus menerus dan intorpeksi menjadi bagian terpentian agar kelestarian dan keberlanjutan ekosistem terus terjaga. Pada posisi ini alam semesta memiliki peran langsung maupun tidak langsung dalam mempengaruhi proses pendidikan. Dengan kata lain, eksistensi alam semesta harus dimaknai secara totalitas melalui pengamatan terhadap fenomena yang bersifat teknis yang juga memberikan peran besar dalam kehidupan manusia di muka bumi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...