Perkembangan UMKM menjadi salah satu bentuk kemajuan ekonomi masyarakat pada saat ini UMKM dalma menjual produk-produknya sangat mudah dan bisa dijangkau oleh masyarakat, kemajuan UMKM ditopong oleh digitalisasi yang sudah menjadi konsumsi masyarakat disemua kalangan, era digitalisasi merupakan era peralihan dari tradisional ke informasi dan teknologi, untuk menuju arah sana maka UMKM harus menguasai teknologi dan beberapa inovasi untuk pengembangan produknya, maka dari sini bisa dikatakan sebagai ekonomi digital semua pemasaran dilakukan dengan online. Penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif dimana data-data yang diperoleh dari beberapa kajian pustakan yang mendukung sebagai data dalam penelitian. Penelitian ini membahas bagaimana strategi UMKM bisa lebih berkembang dan maju diera digital , baik penjualan secara offline dan online denganmengembangkan beberapa performa yang perlu dibangun kedepannya. Hasil penelitian ini dalam mengembangkan UMKM yang pertama perlu diperhatikan adalah bagaimana produk yang akan dijual, kedua bagaimana mencipytakan nilai yang unik untuk menjual-produk-produk yang akan di pasarkan sehingga menjadi ciri khas, ketika mengubag calon pembeli menjadi pembeli produk-produk yang akan kita pasarkan, keempat meningkatkan pemasaran online, bagaimana mendesain konsep pemasaran kita melalui media yang kita gunakan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023