Matalensa Journal of Photography and Media
Vol 2, No 1 (2022): Matalensa: Journal Of Photography and Media

Ruang Kelas: Memori Kolektif Dalam Fotografi Kontemporer

Saputra, Ego (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Memori kolektif merupakan bagian konstruksi sosial yang memiliki makna sebagai suatu ingatan berproses yang pertama-tama berada dalam konteks sosial tertentu. Ruang kelasĀ  Sekolah dasar selain sebagai fasilitas pembelajaran antara siswa dan guru, ruang kelas juga merupakan tempat yang membentuk kolektif atau kelompok sosial. keberadaan benda-benda yang berada di ruang kelas sekolah dasar menjadi penting dikarenakan selain material dan fungsinya tapi juga sebagai budaya benda (Material Culture) yang memiliki dimensi historis dalam ingatan kolektif. Pengkarya berusaha memicu ingatan benda-benda yang berada di ruangĀ  kelas dengan menvisualkan benda-benda yang menjadi subjek, dengan teknik jukstaposisi yang mendampingkan dan menekankan asosiasi antara benda-benda pada setiap frame foto dan mekonstruksi suatu narasi. Menggunakan fotografi sebagai medium cukup mumpuni sebagai teknologi tiruan realitas dengan citra. Terutama dalam fotografi kontemporer.Fotografi Kontemporer adalah sebuah Karya fotografi yang membebaskan diri dari kemapanan fotografi yang sudah ada sebelumnya. Fotografi kontemporer adalah sebuah cara membidik sesuatu dari sisi yang sungguh-sungguh berbeda dari kebiasaan umumnya, dengan isi proporsi yang diberikan untuk rentang waktu tertentu. dimana pengkarya mencoba untuk memicu ingatan atau pengalaman terhadap benda-benda yang ada diruang kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MTLS

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Matalensa: Journal of Photography and Media (ISSN- 2809-5812) is a peer-reviewed journal dedicated to the promotion and dissemination of scholarly research on photography and media. Particular attention is paid to works dealing with photography and media studies using an interdisciplinary ...