Stabilitas
Vol 2 No 1 (2021): Volume 2 Nomor 1, Maret 2021

RELEVANSI KI DAN KD PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 15 BANJARBARU

Muhammad Budhi Rifani (Universitas Lambung Mangkurat)
Herita Warni (Universitas Lambung Mangkurat)
Syamsul Arifin (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Dalam tujuannya ini penelitian ialah supaya dapat mengetahui Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 15 Banjarbaru dengan alokasi di kota Banjarbaru. Penelitian yang dilakukan dengan subjek pendidik pendidikan jasmani. Dalam metode yang dipakai menggunakan tekhnik survei. Dengan menggunakan survei ini agar dapat melihat secara langsung dan juga dapat mengukur tercapainya Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru. Untuk sampelnya ialah pendidik/guru SMP Negeri 15 Banjarbaru yang masih tidak bermitra/bekerja sama dengan ULM. Untuk pengumpulan datanya berupa dokumentasi dan lembar angket kegiatan pendidik yang dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani. Pada penelitian ini didapatkan data perangkat (RPP) untuk pertemuan pertama sebesar 68% yakni pada katagori kuat, untuk data perangkat (RPP) pertemuan kedua sebesar 68% pada katagori kuat, sedangkan untuk data dilapangan untuk pertemuan pertama sebesar 74% yakni pada katagori kuat, lalu untuk data lapangan yang pertemuan kedua sebesar 77% pada katagori kuat, dalam 2 kali pertemuan dengan pendidik pendidikan jasmani. Dapat diketahui bahwa Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru adalah baik katagori kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mpj

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Dasar falsafah STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah keseimbangan antara Psikomotor, Kognitif, dan ...