SPEED: Journal of Special Education
Vol. 7 No. 1 (2023): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Pengaruh Aplikasi Makhorijul Huruf Hijaiyah Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember

Silvi Yulianti (PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember)
Nostalgianti Citra P. (Unknown)
Renalatama Kismawiyati (PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf hijaiyah melalui aplikasi makhorijul huruf hijaiyah pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Subjek penelitian ini siswa disabilitas intelektual yang berinisial A. Dalam proses penelitian menggunakan dua fase yaitu fase baseline dan fase intervensi. Pada fase baseline yang dilakukan selama 5 sesi dan 15 sesi pada fase intervensi dengan waktu 35 menit setiap sesi. Dari hasil persentase baseline yaitu 54%, 52%, 56%, 69% dan 67%, hasil yang diperoleh dilanjut dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pada persentase overlap yang didapatkan adalah 0% yang menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan pada siswa berpengaruh terhadap mengenal huruf hijaiyah yang ada di aplikasi makhorijul huruf hijaiyah. Dengan demikian rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa aplikasi makhorijul huruf hijaiyah efektif meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa disabilitas intelektual ringan kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...