Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN SISWA SD BERDASARKAN ASPEK GENDER

Opi Mawarsari (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
yuni Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau deskripsi kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan aspek gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 551 siswa kelas IV dari 12 sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV di Kota Yogyakarta tergolong rendah. Skor KKPSAK perempuan lebih tinggi daripada skor KKPSAK laki-laki. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang ditinjau berdasarkan aspek gender dengan faktor kefavoritan sekolah dan urutan kelahiran anak. Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, gender

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...