Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB) siswa kelas IV SD di Kota Yogyakarta ditinjau dari kefavoritan sekolah serta kaitannya dengan profesi kependidikan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dibawah penelitian payung oleh Bambang Subali, dkk (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di Daerah Istimewa Yogyakarta. KKPSAB siswa ditunjukkan oleh skor tes tipe terbuka. Data kefavoritan sekolah diperoleh dari nilai rata-rata Ujian Nasional sedangkan data profesi kependidikan orang tua siswa diperoleh melalui pengisian angket. Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk merincikan kemampuan siswa. Hasil analisis menunjukkan rerata skor KKPSAB siswa kelas IV tergolong rendah (27,19 dari total skor 120). KKPSAB siswa di sekolah favorit hanya berbeda tipis dari siswa di sekolah tidak favorit (27,7626,77). Pengaruh kefavoritan sekolah terhadap KKPSAB siswa lebih tinggi pada siswa anak guru/dosen daripada siswa bukan anak guru/dosen (3,021,5).Kata kunci: kefavoritan sekolah, kreativitas, keterampilan proses sains aspek biologi.
Copyrights © 2018