Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK KEHIDUPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH DI KABUPATEN BANTUL DAN KABUPATEN SLEMAN

Putri Komalaninggar (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Siti Mariyam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Keterampilan Proses Sains Aspek Kehidupan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V berdasarkan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan V SD terakreditasi di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu 1305 siswa kelas IV dan V SD yang berasal dari 24 SD yang tersebar di UPTD Bantul, UPTD Piyungan, UPTD Sleman, dan UPTD Kalasan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu akreditasi sekolah yang terdiri dari akreditasi A dan akreditasi B. Variabel tergayutnya adalah kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan siswa SD kelas IV dan V di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan. Teknik analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V baik di Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Sleman yang bersekolah di sekolah yang berakreditasi A lebih rendah dibandingkan dengan kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah berakreditasi B. Meskipun demikian secara keseluruhan skor kreativitas keterampilan proses sains aspek kehidupan pada siswa SD kelas IV dan V yang bersekolah di sekolah baik yang berakreditasi A maupun B masih tergolong rendah.Kata kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, akreditasi sekolah.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...