Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD KELAS 1-3 DI UPT YOGYAKARTA UTARA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Fajar Gunadi (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara ditinjau dari jenis kelamin serta kaitannya dengan pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah populasi hipotetik yang berupa peserta didik SD kelas 1-3 yang memiliki karakteristik seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas 1-3 SD tahun ajaran 2017/2018 di UPT Yogyakarta Utara yang mengerjakan tes bentuk tiga pilihan. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes tulis. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara tergolong sedang. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan. Tidak ada perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua yang sama. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar yang sama.Kata kunci: penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, tes bentuk tiga pilihan, jenis kelamin

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...