Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KETERLAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Permata Ihda Fuadina (Unknown)
Yuliati Yuliati (Unknown)
suratsih suratsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penilaian autentik dan kendala yang dihadapi oleh guru terkait keterlaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Pada penelitian ini seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel sehingga disebut juga dengan sensus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri Kota Yogyakarta Tahun ajaran 20016/2017. Instrumen penelitian berupa kuisioner dan analisis dokumen (dimodifikasi dari penelitian oleh Etika Dyah Puspitasari tahun 2015) serta pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaa penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI semester gasal tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup. Keterlaksanaan penilaian kinerja termasuk dalam kategori sangat baik. Keterlaksanaan penilaian antarteman dan penilaian diri termasuk dalam kategori baik. Keterlaksanaan penilaian produk termasuk dalam kategori cukup. Keterlaksanaan penilaian proyek termasuk dalam kategori kurang baik. Keterlaksanaan penilaian portofolio dan jurnal termasuk dalam kategori sangat kurang baik. Kendala keterlaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi kelas XI semester gasal tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri Kota Yogyakarta yaitu pada tahap perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik. Pada tahap perencanaan kendala yang ditemukan yaitu kesulitan guru dalam menentukan jenis penilaian autentik dan materi yang sesuai. Pada tahap pelaksanaan kendala yang ditemukan yaitu memerlukan waktu yang lebih banyak untuk penialain autentik, sulit melakukan penilaian pada tiap peserta didik dan karakteristik peserta didik yang berbeda.Kata kunci: biologi, penilaian autentik, SMA Negeri Kota Yogyakarta

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...