Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI SISWA SD BERDASARKAN GENDER

Adika Hermawati Pratama (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
yuni Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen keterampilan proses sains (KBDKPS) aspek biologi siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) ditinjau berdasarkan aspek gender serta kaitannya dengan aspek urutan kelahiran dan pekerjaan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang Subali, dkk., (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Sampel penelitian adalah 603 siswa SD kelas VI dari 18 sekolah di Kabupaten Bantul yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa perangkat tes KKPSAK yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015), angket, serta lembar wawancara. Analisis data menggunakan pedoman penskroran dan statistika deskriptif menunjukkan rerata skor KBDKPS testi tergolong rendah. Terdapat perbedaan KBDKPS antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa perempuan memperoleh rerata skor KBDKPS lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (18,6216,61). Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya keterkaitan aspek urutan kelahiran dan pekerjaan orang tua dengan KBDKPS siswa berdasarkan gender. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, gender

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...