Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI SMAN BANTUL DAN SLEMAN

Haerani Maysyarah (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Paidi Paidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah pada mata pelajaran biologi kelas X, XI dan XII SMA Negeri di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman beserta penilaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei secara sensus dilaksanakan pada bulan Oktober 2016–Januari 2017. Responden dalam penelitian ini yaitu guru SMA Negeri di Kabupaten Bantul sebanyak 30 guru dan di Kabupaten Sleman sebanyak 24 guru. Aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dikaitkan dengan salah satu variabel bebas yaitu lokasi sekolah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru biologi telah mengaktualisasikan pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dengan baik dalam mata pelajaran biologi kelas X. XI, dan XII. Lokasi sekolah tidak mempengaruhi aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya dalam mata pelajaran biologi.Kata kunci: aktualisasi, pembelajaran metode ilmiah, lokasi sekolah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...