Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU

Milatus Sa’diyyah (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Paidi Paidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains (KBDKPS) peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran Biologi, (2) perbedaan KBDKPS jika ditinjau bedasarkan latar belakang pendidikan guru, (3) pengaruh aspek lama mengajar terhadap KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru, dan (4) pengaruh aspek potensi peserta didik terhadap KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei yang dilaksanaan pada bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI IPA dari sebelas SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan keseluruhan sampel 536 peserta didik dan 17 guru dari 22 kelas. Variabel bebas pada penetian ini adalah latar belakang  pendidikan guru, variabel tergayut adalah tingkat berpikir divergen dalam keterampilan proses sains pada mata pelajaran biologi, serta variabel pengganggu adalah lama guru mengajar dan potensi siswa yang didasarkan pada nilai ujian nasional IPA SMP.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes KBDKPS, pengisian angket dan wawancara guru, serta data nilai UN IPA SMP. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran Biologi tergolong sedang (22,76), (2) terdapat perbedaan KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru (mencakup jenjang dan program studi pendidikan terakhir yang dimiliki), (3) aspek lama mengajar guru berpengaruh terhadap KBDKPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru, (4) aspek potensi peserta didik tidak berpengaruh terhadap KBDKPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, latar belakang pendidikan guru

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...