Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD DI UPT YOGYAKARTA TIMUR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Oktaviani Nur Latifah (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA Sekolah Dasar ditinjau berdasarkan jenis kelamin di UPT Yogyakarta Timur serta kaitannya dengan jenjang kelas dan urutan kelahiran. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah populasi hipotetik yang merupakan peserta didik SD kelas I-IV di UPT Yogyakarta Timur yang memiliki karakter seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik yang mengerjakan soal bentuk 2 pilihan tipe I-III. Instrumen penelitian berupa angket dan tes penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA sekolah dasar. Instrumen tes valid berdasarkan Rasch model dan reliabilitas sebesar 0,57. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD di UPT Yogyakarta Timur tergolong sedang. Faktor jenis kelamin tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, karena tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor jenis kelain ketika jenjang kelas dan urutan kelahiran dikontrol tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA.Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, jenis kelamin

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...