Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ SMK

Novian Widyati (Unknown)
Mulyadi Mulyadi (Unknown)
Hari Purnomo Susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket konsentrasi belajar dan instrumen tes literasi numerasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) konsentrasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,4%. 2) literasi numerasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 9,4%. 3) konsentrasi belajar dan literasi numerasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 16,1%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edumatic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JE:Jurnal Edumatic merupakan open acces jurnal yang berfokus pada bidang pendidikan Matematika. DIterbitkan oleh program studi pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan, terbit sejak tahun 2020 secara berkala Edumatic mempublikasikan terbitan pada bulan Januari dan Juli. Pada tahun 2022 karena ...