Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dan faktor kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam membaca dan menulis asal di kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II serta siswa kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas II SD. Kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu (1), mengenal huruf, (2) membaca kata bermakna, (3) membaca kata yang tidak memiliki arti, (4) membaca nyaring dan pemahaman membaca,(5) menyimak (pemahaman mendengar). Kemudian, peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD adalah (1) guru menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menarik, (2) menggunakan metode SAS, (3) memberikan program khusus atau mempersembahkan remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022